Sunday, November 12, 2017

Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta

Gagasan awal pendirian Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta bermula dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 yang mengungkapkan idenya untuk membuat sebuah tempat hiburan yang kemudian diberi nama Kebun Rojo.

Gagasan Sri Sultan Hamengku Buwono kemudian berhasil diwujudkan di masa kekuasaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan teknis Ir Karsten, arsitek berkewarganegaraan Belanda. Ia mengusulkan agar membuat Kebun Rojo di sebelah barat Sungai Winango karena dianggap memenuhi syarat sebagai lokasi kebun binatang. Namun akibat munculnya Perang Dunia II serta pendudukan Jepang, pembangunan Kebun Rojo ini terhenti. Baru pada tahun 1953, setelah didirikan Yayasan Gembira Loka Yogyakarta sesuai dengan akte notaris RM Wiranto No. 11 - 10 September 1953, pembangunan Kebun Rojo yang tertunda itu kembali dapat direalisasikan. Pada tahun 1959 ditunjuk Tirtowinoto yang memiliki kecintaan dan minat yang besar terhadap pembangunan Gembira Loka sehingga dari hasil buah pemikirannya membawa kemajuan yang pesat terhadap Gembira Loka. Tercatat pada tahun 1978, seiring dengan makin lengkapnya koleksi satwa yang dimiliki, pengunjung Gembira Loka berhasil mencapai angka 1,5 juta orang.

Dalam perkembangan selanjutnya, pada bulan November 2009, Yayasan Gembira Loka membuka kerja sama dengan PT Buana Alam Tirta untuk mengelola kebun binatang Gembira Loka agar diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi wisata Gembira Loka di masa mendatang. Beberapa pembangunan lanjutan dari kebun Binatang Gembira Loka antara lain :

Scratch Zone
Merupakan area khusus bagi mamalia karnivora seperti singa, harimau, macan dahan, beruang madu, dan lain-lain.

Sentral Service
Merupakan pusat pelayanan pengunjung yang terdiri dari poliklinik, toilet umum, halte transpor keliling, kuliner, dan ruang laktasi.

Kandang Onta
Merupakan kandang khusus onta yang dibuat dengan nuansa Timur Tengah dan dihiasi bangunan mirip piramid.

Gembira Loka

Gembira Loka

Gembira Loka



No comments: