Monday, November 6, 2017

Awas Nyeri Pinggang !

Dr Fisher Iwan, Sp Rm, seorang dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, RS Awal Bros Batam menyampaikan informasi di Batam Highlights Magazine perihal nyeri pinggang.

Seorang pasien saat bangun tidur mengeluh mengalami nyeri yang berat di pinggangnya. Segala posisi telah dicobanya untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, termasuk telentang, tengkurap, menungging, miring, dan lain-lain. Namun apa daya, rasa sakitnya malah makin menjulang.

Beberapa orang diantara kita mungkin pernah mengalami kejadian yang sama dengan pasien di atas. Sebagian besar orang berpikir bahwa nyeri pinggang pasti berasal dari ginjal. Padahal jika kita lihat, penyebabnya bisa bermacam-macam. Penyebab utama biasanya akibat trauma ketika salah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Postur tubuh yang salah dapat mempengaruhi beberapa organ seperti otot, persendian, tulang, dan syaraf. Selain postur tubuh yang salah, nyeri ini dapat juga disebabkan oleh peradangan dan infeksi, tumor, kanker, proses penuaan, gangguan metabolik, dan kongenital. Penyebab lainnya bisa berasal dari organ dalam tubuh seperti saluran pencernaan, saluran kemih, jantung, paru-paru, dan lain-lain. 

Otot punggung dan pinggang adalah organ yang bekerja selama 24 jam, termasuk pada saat kita tidur. Tak heran jika lebih dari 70% populasi dalam hidup manusia pernah mengalami nyeri pada bagian ini. Nyeri pada pinggang akibat gangguan otot disebabkan oleh tidak dilakukannya peregangan yang cukup saat otot mengalami kaku. Oleh karena itu peregangan dibutuhkan setiap hari agar otot tidak kaget saat terjadi gerakan mendadak.

Nyeri pinggang lainnya dapat disebabkan oleh adanya saraf yang terjepit, misalnya karena hernia nukleus pulposus. Ini akan melibatkan apa yang disebut sebagai diskus dimana pada diskus terdapat inti (nukleus). Akibat benturan atau gerakan tertentu, inti tersebut bisa keluar dari tempatnya sehingga menekan saraf. Jika sudah begini, nyeri pinggang dapat disertai dengan gejala tungkai lemah, kesemutan, atau rasa baal pada tungkai.

Nyeri yang disebabkan oleh gangguan pada organ dalam biasanya diakibatkan oleh penjalaran nyeri dari bagian depan, tergantung organ apa yang kena, bisa dari perut atas, perut tengah, atau perut bawah.

Penanganan nyeri akut dilakukan dengan pemberian obat penghilang nyeri seperti paracetamol atau obat anti inflamasi. Pinggang harus diistirahatkan selama 2 (dua) hari dan berikan kompres es pada daerah yang mengalami nyeri.

nyeri pinggang

No comments: