Friday, October 27, 2017

Tips Merawat Aki Mobil Saat Ditinggal Mudik

Mau mudik ke Jawa tapi mobil pribadi tetap ditinggal di Jakarta ?. Cara ini mungkin ditempuh untuk menghemat biaya mudik. Namun jangan sampai hanya memikirkan cuti dan mencari tiket perjalanan yang murah dan nyaman. Anda harus memikirkan juga mobil pribadi yang akan ditinggal di rumah di Jakarta.

Sebelum ditinggal, pastikan mobil dalam keadaan bersih luar dalam, eksterior maupun interior. Cuci semua bagian dan gunakan obat-obatan untuk membersihkannya. Untuk motor pun sama, cuci bersih mulai dari bodi sampai pelek dan kolong spatbor. Kenapa ?. Saat pulang dari mudik tentu badan masih dalam keadaan cape sehingga membuat malas untuk mencuci motor atau mobil.

Hal penting lainnya adalah jangan lupakan aki. Perlakuannya sama, harus bersih dari kotoran, baik bodi maupun penutupnya. Aki yang bersih jadi lebih enak dipandang mata. Setelah bersih, pastikan aki dalam keadaan full charge selama ditinggal mudik. Caranya, air aki harus berada pada kondisi diantara lower level dan upper level. Jika sudah yakin, mulai lepaskan kabel aki di kutub negatif. Maksudnya agar aki tidak terus-menerus mengeluarkan arus listrik untuk membuat perangkat elektronik dalam keadaan stand-by tanpa ada pemasukan arus dari alternator. Jika terus-terusan dikeluarkan, aki bisa kehilangan arus listrik dan menjadi soak.

Pelepasan kabel aki ini akan membuat beberapa komponen akan berhenti bekerja, seperti alarm, jam, channel radio, dan lain-lain, yang sudah di-save di head unit. Ketika pemasangan aki di kemudian hari, komponen-komponen tersebut harus di-adjust kembali.

Untuk beberapa mobil canggih buatan Eropa, ada cara tersendiri untuk melepas dan memasang aki. Jika ragu lebih baik berkonsultasi dengan teknisi bengkel resmi langganan Anda.

aki

No comments: