Monday, October 30, 2017

Review Hotel Namira Syariah Pekalongan

Dalam rangka tugas dinas di tahun 2016 lalu ke Pekalongan, Jawa Tengah, saya beserta sopir perusahaan harus menginap selama 1 (satu) malam di sana, dan melalui rekomendasi kolega kantor, diputuskan untuk memesan kamar di Hotel Namira Syariah Pekalongan. Untuk itu kali ini saya akan mencoba mereview hotel tersebut.

Hotel ini berlokasi di Jalan Dr. Cipto No. 70 Pekalongan yang posisinya sangat strategis karena berada di pusat kota atau alun-alun Pekalongan dan hanya beberapa menit menuju Plaza Hypermart, 5 (lima) menit ke Stasiun Kereta Api Pekalongan, 5 (lima) menit ke terminal bus, 5 (lima) menit ke Wisata Kampung Batik Pesindon, 15 (lima belas) menit ke IBC (International Batik Center), Perkebunan Teh Pagilaran Batang, Wisata Air Terjun Linggo Asri, Pantai Sari serta distrik bisnis atau wisata belanja lainnya.

Hotel yang dikelola oleh Mitra Graha Manajemen ini adalah hotel pertama di Pekalongan yang dikemas dengan mengedepankan konsep syariah, dengan dipadukan unsur tradisional dan fasilitas/layanan modern. Jika Anda, baik seorang muslim maupun non muslim mendambakan kenyamanan dalam beristirahat seperti tidak ingin terganggu dengan dentuman musik malam atau tidak ingin ada makanan yang syubhat saat sarapan pagi, maka hotel berbintang 3 (tiga) ini bisa menjadi alternatif menginap di Pekalongan.

Dari brosur yang saya dapatkan di bulan Mei 2016, publish rate per malam-nya sebagai berikut  : Superior (Rp 400.000,00), Deluxe (Rp 470.000,00), Executive (Rp 590.000,00), Suite (Rp 890.000,00), dan President Suite (Rp 1.090.000,00). Tidak jelas benar perbedaan antara tipe Superior dan Deluxe karena kedua-duanya berukuran kamar sekitar 25 m2 meskipun memang terdapat perbedaan dari segi tipe bed-nya. Untuk kamar Superior tersedia dalam 2 (dua) jenis : twin dan double sedangkan untuk kamar Deluxe hanya tersedia 1 (satu) jenis : double. Tipe Executive memiliki luas kamar 28 m2 dengan dilengkapi double bed dan sofa sehingga cukup memberikan keleluasaan Anda dalam bergerak. Untuk yang ingin mendapatkan pelayanan maksimal, dapat dicoba tipe Suite atau President Suite.  

Mengingat lahan parkir hotel yang terbatas, mobil kantor yang dikemudikan driver harus diparkir di sebelah bangunan hotel. Proses check-in tidak terlalu lama dan disambut dengan ramah oleh penjaga pintu dan customer service. Ruang lobby cukup nyaman dan dilengkapi dengan bacaan berupa koran lokal dan majalah-majalah Islam. Lift hotel hanya tersedia 1 (satu) unit saja sehingga mungkin harus menunggu agak lama jika tingkat hunian hotel sedang tinggi. Namun demikian, saat masuk ke lift terasa cukup lega dan lapang karena ukuran ruang lift yang besar, mampu memuat maksimum sampai 13 (tiga belas) orang. Uniknya, dalam dinding lift ditempel poster berisi panduan doa yaitu doa ketika beristirahat di suatu tempat dan doa menghilangkan kegundahan hati. Begitu keluar dari pintu lift terlihat selasar hotel yang cukup segar (fresh) serta dekorasi yang bernuansa modern, dan yang penting tidak ada aroma rokok atau bau-bau lain yang tercium.

Kunci kamar yang saya peroleh sudah berupa electronic card, tinggal tempel pintu langsung dapat dibuka. Kartu ini sekaligus dipakai sebagai akses menghidupkan dan mematikan lampu kamar dan AC. Username dan password wifi juga sudah langsung diinfokan saat check-in sehingga tamu hotel tidak perlu lagi menanyakan ke receptionist, ini tentu menjadi salah satu nilai plus pelayanan hotel ini. Masih banyak hotel lain yang tidak mau menginfokan di awal kecuali jika ditanya oleh tamu hotel. Hanya saja memang kecepatan akses tidak terlalu excellent, untuk sekedar browsing dan update beberapa aplikasi android sudah cukup memadai.

Posisi AC berada di atas dinding di dekat kamar mandi dan mengarah ke depan TV sehingga tidak langsung mengenai badan saat beristirahat. Namun demikian, suara yang keluar dari unit AC tersebut kurang halus sehingga masih terdengar saat tidur. Beberapa bagian lantai yang terbuat dari potongan-potongan kayu kurang menempel rapat ke cor-coran semen di bawahnya sehingga apabila terinjak muncul bunyi gemeretak.

Kondisi kamar hotel secara size untuk harga sebesar Rp 470 ribu sudah lumayan besar, dan yang lebih surprise lagi, colokan listrik terbilang sangat banyak alias melimpah !. Ada sejumlah titik charge yang tersedia di kamar Deluxe yang saya tempati, antara lain di sisi kiri dan kanan bed, di dinding dekat jendela, di lemari sepatu/sandal, di meja minuman, di meja kerja, dan di kamar mandi. Sepertinya baru kali ini saya menemui kamar hotel dengan tempat colokan yang sebanyak ini !.

Amenities dan perlengkapan hotel terlihat masih baru dan modern (hotel diresmikan tahun 2014) sehingga dapat memenuhi harapan tamu yang menginap. Tuas kran shower air panas dan dingin dalam ruang mandi dibuat 1 (satu) kran saja sehingga mudah untuk menstabilkan suhu air. Kran air untuk mandi juga dibuat 2 (dua) keluaran : satu di atas dan satu di bawah. Gunanya agar memudahkan tamu hotel saat mengambil air wudhu, bisa menggunakan kran di bawah. Di lemari depan tersedia sajadah dan Al-Qur’an serta buku kumpulan doa. Tanda penunjuk arah kiblat juga mudah ditemukan di langit-langit hotel.

Variasi menu sarapan pagi tersedia dalam pilihan yang sangat beragam dan beraneka rupa, mulai dari nasi goreng, kwetiau goreng, cumi goreng, aneka salad, aneka pudding, aneka snack tradisional, dan berbagai jenis minuman. Cukup memanjakan lidah tamu hotel. Tentu saja diharapkan semua jenis makanan dan minuman tersebut sudah diakui kehalalannya.

Saat senja atau malam hari, Anda dapat keluar hotel dan berjalan kaki beberapa puluh meter menuju alun-alun Pekalongan untuk mencoba menikmati wisata kulinernya, atau masuk ke Hypermart Plaza jika membutuhkan beberapa keperluan mendesak. Jika Anda datang di hari Jum’at, Anda dapat menuju masjid Kauman yang berada tepat di samping alun-alun Pekalongan untuk menunaikan sholat Jum'at. Terakhir, kota Pekalongan identik dengan kota batik dan untuk menuju sentra batik di sana juga tidak terlalu jauh.

Overall, jika Anda dan keluarga ingin mencari tempat penginapan di Pekalongan, Jawa Tengah yang berkonsep syariah dengan tetap memperhatikan terpenuhinya kebutuhan gaya hidup modern, Anda dapat mencoba hotel yang satu ini. 


namira syariah

namira syariah

namira syariah

namira syariah

namira syariah

namira syariah

namira syariah


namira syariah pekalongan

namira syariah pekalongan

namira syariah pekalongan

namira syariah

namira syariah pekalongan
http://booking.tiket-online.net









No comments: