Tuesday, October 10, 2017

Real Review of The Keong Saik Hotel Singapore

Namanya sangat berbau Chinesse, “The Keong Saik Hotel”, namun untuk mudahnya cukup disingkat Hotel Keong saja ya…hehe…Mengapa harus Hotel Keong ?. Bukankah banyak hotel-hotel lain di Singapura yang namanya lebih terkenal dan familiar di kalangan traveler ?.

Sebelum saya mencoba stay di hotel ini beberapa tahun lalu, berulangkali saya telah melakukan “searching” untuk meng-compare sejumlah hotel dan hostel di Singapore. Setelah membaca review sana-sini terutama dari pengunjung hotel yang memberikan testimoni via tripadvisor.com, agoda.com, hostelworld.com, dan booking.com, akhirnya pada beberapa hari menjelang hari keberangkatan, saya memutuskan untuk memilih Hotel Keong ini, dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut :

Anak Usia < 12 Tahun
Banyak hotel maupun hostel di Singapore yang tidak memberikan fasilitas free bed untuk anak dengan usia lebih dari 6 (enam) tahun (dianggap sebagai tamu dewasa). Rata-rata mereka mensyaratkan tambahan biaya. Hal inilah yang akan menyulitkan kedua orang tua, baik dari segi biaya maupun kemudahan mengurusi anak saat di hotel jika tidak bisa menginap dalam satu kamar. Saat saya ke Singapore, saya bersama isteri + 1 anak usia 7 tahun, sehingga diupayakan agar dapat dicari hotel dengan tipe double atau twin room dengan free of charge untuk 1 anak usia 7 tahun. Dan melalui booking.com, Hotel Keong itu menawarkan Superior Double or Twin Room untuk 2 dewasa + 1 anak usia maksimum 12 tahun.

Private Room with Ensuite Bathroom  
Standard kamar hotel (bukan hostel lho ya) seharusnya memang dilengkapi dengan kamar mandi di dalam alias menyatu dengan kamar (ensuite bathroom). Jadi demi kenyamanan bersama keluarga saat menginap, pastikan bahwa kamar mandinya di dalam (kecuali Anda traveling sendirian). Cocokkan dengan testimoni tamu hotel yang pernah menginap di sana agar Anda tambah yakin.

Kebersihan Hotel
Ini juga faktor penting saat memesan kamar hotel. Lagi-lagi acuannya hanya berupa testimoni tamu yang pernah ke sana karena belum pernah sekali pun saya mengunjungi hotel ini. Beruntung, karena pada kenyataan, kebersihan hotel memang terjaga dengan baik, termasuk adanya tong sampah stainless di dalam kamar, tissue roll di kamar mandi, dan lift yang bersih. Nilai plus lain dari hotel ini adalah bebas asap rokok (no smoking hotel) sehingga cukup nyaman buat anak kecil, ibu-ibu, maupun siapa saja yang tidak ingin terganggu oleh asap rokok. Dengan menyatakan dirinya sebagai "no smoking" hotel, Anda tidak bakal menghirup udara tak sedap dari sisa-sisa asap rokok yang menempel di dinding kamar, koridor, atau lift. Hal ini diperkuat dengan salah satu persyaratan (terms & conditions) yang harus ditandatangani tamu (guests) bahwa jika ketahuan kamarnya berbau rokok maka akan dikenakan penalti sebesar SGD 50.00 !.

Lokasi dari MRT Station
Jangan lupa pertimbangkan lokasi hotel dengan stasiun MRT terdekat karena hitungan waktu saat menuju stasiun MRT maupun transportasi publik lainnya ketika traveling mesti diperhatikan. Waktu Anda akan terbuang percuma hanya karena lokasi hotel yang Anda tempati jauh dari stasiun MRT atau halte bus. Dan Hotel Keong ini membuktikan dirinya sebagai hotel yang strategis karena hanya “selemparan batu” dari Outram Park MRT Station. Apalagi Outram Park ini adalah stasiun interchange sehingga memudahkan saat memilih jalur MRT. Dari sini Anda dapat langsung menuju Raffles Place buat "nengokin" Patung Merlion, atau ke Bugis buat belanja murah, atau ke Resort Worlds Sentosa buat nonton Universal Studio Singapore.

Staf Receptionist
Anda tentu akan merasa puas apabila kedatangan Anda dilayani dengan baik oleh recepsionist  yang ramah dan murah senyum. Andalannya buat memastikan bener ngga-nya si receptionist baik atau tidak, bisa lewat testimoni. Kadang ada saja testimoni yang menyatakan staf hotel kurang enak diajak bicara, "manyun" terus, judes, atau tidak mau memberikan informasi penting seputar hotel atau daerah di sekitarnya. Nah, secara umum tamu Hotel Keong ini puas dengan staf receptionisnya, bahkan ada tamu dari Indonesia yang pernah ketinggalan dompet tapi pas balik nanyain ke receptionisnya masih utuh alias terselamatkan. Superb !.  

Menu Sarapan Pagi
Sarapan pagi tentunya menjadi hal penting bagi tamu hotel. Jangan sampai sudah bayar mahal dikasihnya cuma air teh anget sama gorengan…hehe…Tapi jangan terlalu berharap banyak untuk memperoleh fasilitas sarapan pagi yang oke di budgeted hotel Singapore. Minimal ada variasi sarapan alias tidak monoton hanya satu dua menu saja. Dan apa yang saya dapatkan di Hotel Keong ?. Standar saja lah, ada sereal (macem koko krunch) yang kebetulan paling diminati Farrel (sampai nambah terus di mangkoknya...hehe), ada roti bakar, sop jagung, dan sosis. Minumannya mulai dari jus, teh, dan kopi. Bagi orang Indonesia jangan berharap ada "bakul" nasi di sana ya…hehe…Soal kebersihan makan, jangan diragukan lagi. Soalnya Hotel Keong ini pernah menyabet penghargaan sebagai hotel dengan predikat A untuk kategori “Excelent in Cleanliness & Food Hygiene” dari National Environment Agency Singapore.

Tingkat Kebisingan di Sekitar Hotel
The last but not the least, faktor kenyamanan saat tidur dari suara-suara bising di luar sana juga pastinya ikut mempengaruhi preferensi saat memilih tempat menginap. Jangan sampai Anda tidak bisa tidur nyenyak gara-gara dentuman musik di diskotik atau bar di sebelah hotel Anda. Dan alhamdulillah, di kanan kiri Hotel Keong ini tidak dijumpai bar atau diskotik, hanya ada sebuah bangunan Budha Temple di sebelah kirinya, mungkin memang berdentang setiap pagi, meski di pagi itu kami nyaris tidak mendengar suara lonceng dari sebelah (mungkin juga karena efek kecapean akibat pulang malam…hehe…).

Faktor Harga
Harga seringkali menjadi faktor utama yang sering dijadikan acuan saat memilih hotel. Apabila sudah diperoleh beberapa kandidat hotel yang memenuhi kriteria-kriteria non harga, saatnya untuk memilih hotel yang harganya bersaing. Perlu diperhatikan saat melakukan booking via online, mungkin ada sejumlah website penyedia booking hotel yang akan men-charge biaya pemesanan (booking fees). Khusus untuk Hotel Keong yang beberapa tahun lalu saya booking, tidak ada biaya pemesanan atau extra charge lain selain biaya kamar.


keong saik

keong saik

keong saik

keong saik hotel

keong saik hotel singapore

keong saik hotel

keong saik hotel singapore

Tiket-Online.net
http://booking.tiket-online.net





No comments: