Saturday, October 14, 2017

Pantai Trikora, Bintan, Kepulauan Riau

Berkunjung ke Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, terasa kurang lengkap apabila belum mengunjungi keindahan panorama alam Pantai Trikora. Pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 km ini menjadi salah satu objek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Bintan. Objek wisata ini terletak di Desa Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut cerita dari masyarakat setempat, nama Trikora ini dikaitkan dengan kunjungan seorang wisatawan asing ke pantai ini beberapa puluh tahun silam. Sewaktu bule itu berkunjung, kondisi pantai masih sepi dan belum banyak dihuni oleh masyarakat. Karena bule itu merasa belum mengenal daerah yang ia kunjungi, maka kemudian ia bertanya kepada seorang warga yang kebetulan ia temui di jalan, dengan sebuah pertanyaan yang di dalamnya terdapat kata "three corrals". Warga tersebut kemudian menyebarkan kata itu ke seluruh warga lainnya sehingga terdengar menjadi kata "trikora". Versi lain menyebutkan bahwa nama Trikora ini dihubungkan dengan peristiwa konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia di tahun 1961 yang dilatarbelakangi oleh ketidaksetujuan Indonesia dengan rencana penggabungan Brunei, Sabah, dan Sarawak, oleh pemerintah kolonial Inggris. Bagi sebagian besar, nama Pantai Trikora (dari kata "Tri Komando Rakyat") dianggap mewakili semangat nasionalisme waktu itu.

Keistimewaan Pantai Trikora terletak pada hamparan pasir putihnya yang luas dan landai sehingga wisatawan dapat bermain, berjemur, dan berolah raga lain seperti sepakbola, jogging, jalan santai, dan lain-lain. Di tempat ini, wisatawan dapat berenang atau sekedar berendam menikmati terpaan gelombang laut yang pelan dan jernih. Keindahan alam ini dilengkapi dengan banyaknya pohon kelapa yang berjejer rapi di sepanjang tepi pantai. Terdapat juga batu-batu besar yang teronggok di tepian hingga menjorok ke laut, yang turut memperindah suasana Pantai Trikora. Di atas bebatuan inilah, wisatawan dapat duduk santai sambil menikmati deburan ombak yang saling berkejaran, atau melihat perahu nelayan yang sedang mencari ikan di laut.

Di pantai ini, wisatawan juga dapat melihat berbagai macam tumbuhan dan biota laut berukuran kecil. Jika ingin melihat lebih banyak lagi keanekaragaman hayati di sana, wisatawan dapat melakukan penyelaman untuk menikmati keindahan karang laut yang cantik dengan berbagai jenis ikan yang hidup di sekitarnya.

Untuk menuju lokasi ini, perjalanan dapat dimulai dari Kota Tanjungpinang dengan menggunakan mobil sewa, taksi, atau ojek, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 (satu) jam. Dari Tanjungpinang sampai perbatasan Kabupaten Bintan, jalan yang dilalui masih berupa aspal mulus yang dapat dilalui oleh 3 sampai 4 lajur mobil, namun mulai perbatasan Gunung Kijang menuju Pantai Trikora, kondisi jalan mulai menyempit dan hanya bisa dilalui untuk 2 lajur kendaraan saja.

Trikora

Pantai Trikora

Pantai Trikora

Pantai Trikora

Pantai Trikora Bintan

Pantai Trikora

Pantai Trikora

Pantai Trikora

Pantai Trikora




No comments: