Saturday, October 7, 2017

Fungsi Tabung Reservoir Air Radiator pada Mobil

Meski bentuknya seperti tabung plastik air wiper (penyemprot kaca mobil) namun fungsi tabung reservoir air radiator ini memiliki kegunaan yang berbeda yaitu untuk menjaga sistem pendinginan mobil agar bekerja optimal. Dan seringkali air radiator mobil tak bisa bekerja maksimal karena ada masalah pada tabung reservoir.

Tabung atau botol plastik yang didesain untuk menyimpan atau menampung air tambahan diluar air yang ada pada bagian radiator ini ternyata memiliki fungsi yang cukup banyak. Yang paling utama adalah untuk mengontrol volume air di dalam radiator, selain menampung uap panas yang keluar dari tutup radiator saat air radiator mendidih.

Karena memiliki fungsi khusus dalam menampung limpahan air dan uap panas dari radiator maka levelling pada water reservoir juga memiliki aturan khusus yaitu tinggi air maksimal yang biasanya harus terjaga pada level 3/4 botol. Ruang yang tersisa atau 1/4 botol dipakai untuk menampung limpahan air yang keluar bersamaan dengan tekanan uap dari radiator. Sebaliknya, jika level alias volume air dalam radiator terdeteksi dalam jumlah kurang, dengan sendirinya persediaan air dalam tabung reservoir akan tersedot. Hal ini akan berlangsung secara terus menerus selama suhu mesin bekerja normal dalam rentang angka 80-90 derajat Celcius.

Untuk beberapa jenis merk dan tipe mobil seperti Mercedez Benz atau BMW, sistem radiator tidak dilengkapi dengan tutup atau lubang pengisian air sehingga penambahan atau pengecekan air dilakukan lewat tabung reservoir. Saat menambahkan air biasanya dilengkapi dengan breather gate untuk membuang sisa udara yang ada dalam jalur air sistem pendingin. Banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui cara ini sehingga saat tabung reservoir dianggap penuh sebenarnya air dalam radiator masih kurang karena breather gate tidak dibuka untuk membuang udara yang terperangkap di dalamnya. Bila dibiarkan terus, kinerja sistem pendinginan tak dapat mencapai maksimal dan dapat berakibat overheat.

radiator

No comments: