Tuesday, October 31, 2017

Bensin Penuh Tapi Malah Mbrebet

Ada sebuah pengalaman dari seorang pemilik mobil saat merasakan tarikan mobilnya tersendat padahal sudah diisi bensin full alias penuh. Yang membingungkan, ketika ia mencoba membuka tutup tanki bensin sebagai solusi, mbrebet pun hilang dan lampu indikator engine check yang sempat menyala pun kembali padam.

Tarikan mobil terasa mbrebet ternyata dapat diakibatkan oleh katup di atas tanki yang sudah tidak bagus. Tugasnya menjaga tekanan dalam tanki agar sama dengan udara luar sudah terganggu. Bentuk dan letak katup ini sendiri beragam untuk berbagai jenis merk dan tipe mobil. Misal pada Honda Accord disebut katup Evap dan berada persis di atas tanki. Namun secara umum, katup ini hanya ada pada mobil yang sudah memakai sistem bahan bakar injeksi karena ada semacam sistem yang menjaga emisi dari dalam tanki bensin. Emisi yang berupa uap itu ditangkap pada wadah khusus yang biasa disebut charcoal canister dan dihubungkan dengan intake manifold. Pengaliran uap bensin ini diatur khusus oleh ECU karena pada umumnya pada ujung saluran hawa ini ada katup solenoid khusus yang membuka atau menutup sesuai perintah ECU.

Katup ini bertugas menjaga tekanan di dalam tanki agar tetap konstan. Saat panas, kemungkinan uap udara dan bensin membuat tekanan udara naik sehingga katup membuka. Nah, kejadian setelah isi bensin full, udara tersisa hanya sedikit. Begitu mobil bergerak, bahan bakar mulai terpakai. Jika katup kurang bagus, kemungkinan akan terjadi vakum di tanki karena tidak ada pengganti ruang kosong sehingga kerja fuel pump kurang maksimal yang berakibat mbrebet. 

Katup yang mulai apkir pun dapat menyebabkan gejalan lain misalnya muncul bunyi aneh seperti siulan kecil. Hal ini disebabkan katup macet dan menyisakan sedikit bukaan sehingga menyebabkan udara tetap bisa lolos. Karena terbuka kecil, lewatnya udara memunculkan suara seperti siulan. Untuk mengatasinya, tukar katup dengan yang baru.

tutup tanki bensin

No comments: