Monday, October 2, 2017

7 (Tujuh) Hal Seputar Perawatan Komponen Pengapian Mobil

Komponen pengapian menentukan tenaga mesin karena berhubungan dengan kinerja pembakaran. Jadi jika sistem pengapian mengalami masalah, tenaga mesin akan ikut terpengaruh. Berikut poin-poin seputar penjagaan atau perawatan komponen perapian mobil :

1. Perhatikan selalu kondisi kabel-kabel dan soket

Sistem pengapian tidak langsung (indirect ignition) melibatkan banyak kabel yang terhubung dengan soket, mulai dari kabel busi, kabel distributor, dan lainnya. Lapisan kabel yang terkelupas atau sobek akan berpotensi menimbulkan hubungan arus pendek (korslet). Sementara kondisi soket yang kotor atau longgar dapat mengganggu kerja pengapian.

2. Bersihkan soket distributor jika terlihat kotor

Pada soket atau sambungan antar kabel berpotensi berkumpulnya debu dan karat. Bersihkan dengan cairan penetran agar karat tak menumpuk. Lantas kencangkan soket distributornya.

3. Perhatikan kondisi sambungan koil

Pada pengapian langsung (direct ignition), sambungan antara koil dan busi berpotensi menjadi kotor atau longgar. Bersihkan dan kencangkan kembali agar arus listrik kembali lancar. Jika dibiarkan longgar, mesin akan terasa pincang serta dapat menimbulkan loncatan bunga api.

4. Jaga komponen pengapian agar terhindar dari rembesan oli

Kehadiran rembesan atau kebocoran oli mesin bila terkena komponen pengapian seperti kabel busi atau koil akan menimbulkan korosi. Kadang oli bisa masuk ke sela-sela kepala silinder karena packing-nyabocor.

5. Musim hujan belum berlalu

Untuk ini, sehabis berkendara pada musim hujan, periksa kondisi komponen pengapian agar terhindar dari air. Jika tidak, bahaya korsleting akan mengintai mobil Anda.

6. Jangan nekad menerobos genangan air

Menerobos genangan air akan berpotensi masuknya air ke dalam ruang mesin yang dapat membasahi komponen pengapian seperti kabel dan socket. Jika pun terpaksa, usahakan lewati genangan air yang tingginya tidak melewati setengah dari diameter roda.

7. Jangan lupa dengan perawatan berkala

Beberapa komponen pengapian seperti busi, kabel busi dan koil harus selalu dicek kondisinya ke bengkel terdekat, untuk mengetahui apakah usia pakainya telah habis. Untuk busi standard umumnya umur pakainya di antara 10.000 sd 20.000 kilometer, tergantung jenis busi dan pemakaian. Busi yang sudah menurun kemampuannya akan berdampak pada konsumsi BBM dan naiknya tingkat emisi sebagai akibat proses pembakaran yang terjadi di mesin tidak sempurna.

perapian mobil

No comments: