Thursday, September 21, 2017

Resorts World Sentosa, Universal Studio Singapore, atau Sentosa Island ?

Seringkali terdengar berbagai sebutan berbeda ketika orang ingin melancong atau plesiran ke Sentosa Island di Singapura. Ada yang menyebut kawasan ini sebagai Resorts World Sentosa (RWS), ada pula yang menyebutnya Universal Studios Singapore (USS), dan ada juga yang mengenalnya sebagai Sentosa Island. Mana yang benar atas pernyataan-pernyataan di atas. Ikuti artikel perjalanan saya ke tempat tersebut.

Dulu ketika saya belum menginjakkan kaki ke Pulau Sentosa (Sentosa Island), saya hanya tahu bahwa kawasan di sana lebih dikenal sebagai Resorts World Sentosa (RWS). Padahal jika kita telusuri dan lihat langsung ke sana, RWS maupun USS hanyalah sebagian kecil dari kawasan atraksi wisata di sebuah pulau yang bernama Pulau Sentosa (Sentosa Island). Jadi, jika tujuan Anda tidak disebutkan secara spesifik, sebenarnya yang Anda maksud adalah Sentosa Island.

Sentosa Island (atau cukup disebut Sentosa) mengusung slogan “The State of Fun” atau mengklaim sebagai kawasan yang penuh dengan kesenangan atau fantasi, kira-kira begitu. Jadi, sebaiknya pelajari secara umum terlebih dahulu kawasan Sentosa ini, baru kemudian Anda putuskan apakah akan melakukan kunjungan secara spesifik ke lokasi atraksi yang sudah ditentukan seperti Universal Studios Singapore, Wings of Time (sebelumnya : Songs of The Sea), Underwater World Singapore, dan lain-lain.

Satu tempat atraksi wisata memerlukan waktu cukup lama jika ingin menikmatinya secara tuntas sehingga dalam 1 (satu) hari tidak semua atraksi wisata akan dapat Anda nikmati secara leluasa. Apalagi untuk beberapa atraksi berbayar sudah dibatasi jam kunjungannya, seperti Universal Studios Singapore (USS) yang baru dibuka jam operasionalnya pada pukul 10.00 am dan selesai pukul 07.00 pm. Sementara untuk sekedar masuk Sentosa (outdoor and free recreational area) dapat dikunjungi mulai pukul 07.00 am jika memakai Sentosa Express, pukul 8.45 am jika memakai Singapore Cable Car, dan 24 jam jika melalui Sentosa Boardwalk. Dengan demikian, apabila Anda ternyata tiba di Vivo City atau Harbourfront terlalu pagi sedangkan Anda tidak bisa langsung masuk USS karena baru dibuka untuk pengunjung pada pukul 10.00 am maka Anda dapat mengeksplore 4 (empat) zona atau kawasan Sentosa terlebih dahulu yaitu : (1) Resorts World Sentosa (2) Imbiah Lookout (3) Siloso Point dan (4) Beaches. Masing-masing zona tersebut terbagi lagi menjadi berbagai tempat wahana khusus. Contohnya saja, di Resorts World Sentosa terdapat 6 (enam) wahana khusus  : Adventure Cove Waterpark, Crane Dance, Lake of Dreams, S.E.A Aquarium, Trick Eye Museum, dan Universal Studios Singapore. Bayangkan, sewaktu saya ke USS diperlukan waktu seharian dari sekitar pukul 11.00 am sampai 04.30 pm untuk menikmati ke-tujuh wahana di USS.

Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang ingin bepergian ke Sentosa namun masih bingung dengan keberadaan sejumlah atraksi di sana. Agar lebih jelas, silakan buka websitenya Sentosa di http://www.sentosa.com.sg/en/ untuk mempelajari lebih lanjut.   


No comments: