Saturday, September 16, 2017

Apa Itu EZ (Baca : Izi ) Link Card

EZ-Link Card adalah kartu yang memiliki fungsi utama sebagai alat pembayaran sarana transportasi umum di Singapura, baik MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), maupun Public Bus. Jika Anda ingin bepergian di Singapura dengan leluasa dan tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam, Anda dapat mencoba menggunakan kartu pintar ini.   

Dimana kartu ini dapat dibeli ?. Ketika pertama kali Anda masuk ke Singapura via Batam, Anda dapat membeli EZ-Link Card ini di kantor penjualan yang ada di stasiun MRT NE1 Harbourfront. Kalau Anda masih bingung karena baru pertama kali ke sana, Anda dapat menelusuri dahulu arah MRT NE1 Harbourfront selepas keluar dari kantor imigrasi Singapura. Anda tidak perlu khawatir tersesat di Singapura karena hampir di setiap sudut telah terpasang tanda-tanda petunjuk arah yang sangat memadai. Sesampainya di Harbourfront, Anda dapat mencari stasiun MRT NE1 dengan mudah. Cari saja petunjuk bergambar kepala kereta warna putih berlatar warna merah dan di bawahnya tertulis “MRT”.

Nah, begitu sampai di stasiun MRT, Anda cari loket atau counter bertuliskan “Ticket Office”. Jika counter ini sedang tutup (closed), Anda bisa menuju counter lain bertuliskan “Passenger Service”. Kalau masih belum kelihatan oleh Anda, langkah terakhir tentunya bertanya ke orang di sekitar Anda. 

Berapa harga kartu EZ-Link ini dijual ?. Ketika saya kesana tahun 2010 silam, harga 1 (satu) buah EZ-Link Card dibanderol SGD 12.00 (diperuntukkan untuk dewasa atau adult). Sedangkan untuk anak-anak (waktu itu saya bawa anak usia 3,5 tahun) tidak dikenakan biaya alias free. Angka SGD 12.00 terdiri dari SGD 7.00 sebagai nilai/saldo kartu (card value) dan SGD 5.00 sebagai harga fisik kartu (card cost).

Untuk mengamankan perjalanan selama di Singapura, pemakai kartu ini disarankan untuk mempertahankan minimum stored value di angka SGD 3.00. Tujuannya agar Anda terlindungi dari kekurangan biaya saat bepergian jauh. Begitu saldo kartu Anda defisit, otomatis Anda tidak akan dapat memasuki kereta maupun bus. Untuk memonitor apakah kartu Anda sudah dalam posisi kurang dari minimum value maka sejumlah peringatan (alert) akan muncul ketika misalkan Anda naik public bus. Kalau pada saat tapping di mesin khusus pemindai kartu yang ada di bus, kartu Anda menyala hijau disertai warna kelap-kelip (amber flash) dan ada tulisan di display mesin “Please Top Up” maka itu pertanda kartu Anda harus segera di-top up (isi ulang). Dan jika minimum value betul-betul tidak cukup, mesin pemindai di bus akan mengelurkan warna merah disertai bunyi beep dan muncul pesan “Pay Cash”. Segera lakukan top-up di sejumlah tempat yang telah ditentukan seperti General Ticketing Machine di semua stasiun MRT, Passenger Service Centres, 7-Eleven, Singapore Post Office, dan lain-lain.

Sampai hari ini, EZ-Link Card telah menjadi alat pembayaran yang akurat dan aman bagi warga Singapura atau pekerja dari luar yang bekerja di sana. Alat ini tidak hanya berfungsi untuk membayar biaya transportasi publik di Singapura, namun juga sudah menjadi alat pembayaran non cash yang berlaku di sejumlah outlet shopping dan retail, restaurant, club, entertainment, dan lain-lain.



No comments: