Thursday, August 31, 2017

Gardens by The Bay Singapore

Gardens by The Bay merupakan salah satu tempat wisata outdoor yang termasuk relatif masih baru dibanding tempat lain di Singapore. Tempat ini menempati lahan reklamasi seluas kurang lebih 101 ha sebagai bagian dari strategi pemerintah Singapore dalam mentransformasikan Singapore dari “Garden City” menjadi “City in a Garden”. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dengan memperluas area lahan hijau dan keragaman hayati di dalam kota.

Master plan Gardens by The Bay didesain berdasarkan pemenang kompetisi internasional yang diikuti lebih dari 170 perusahaan arsitek dari 24 negara. Salah satu desain monumental yang terkenal dari lokasi ini adalah “Supertrees Grove” yaitu struktur bangunan mirip pohon besar yang menjulang dengan ketinggian antara 25 sd 50 meter. Uniknya, sepanjang “batang” pohon besar tersebut ditumbuhi berbagai macam tanaman pakis, anggrek, dan jenis lain dari tumbuhan yang tumbuhnya secara merambat.

Untuk masuk ke Gardens by The Bay ini tidak dikenakan karcis masuk alias free, namun jika Anda ingin memasuki arena atau wahana khusus seperti OCBC Skyway atau Cooled Conservatories barulah Anda akan dikenakan biaya masuk. Biaya masuk (admission fees) ke OCBC Skyway dapat dilihat di http://www.gardensbythebay.com.sg/en/the-gardens/attractions/ocbc-skyway.html (hanya bisa menerima pembayaran di tempat atau cash payment), sedangkan biaya masuk Cooled Conservaories dapat dilihat di https://ticketing.gardensbythebay.com.sg/ticketing.aspx yang sekaligus dapat dipesan secara online. Jangan lupa membawa peta terlebih dahulu dengan mendownloadnya di http://www.gardensbythebay.com.sg/content/dam/gbb/en/images/interactive-map/map-27032014.gif. Secara umum terdapat 11 (sebelas) wahana ataraksi yang bisa dinikmati pengunjung di sana yaitu Bay East Garden, Cloud Forest (berbayar), Dragonfly & Kingfisher Lakes, Far East Organization Children’s, Garden, Flower Dome (berbayar), Heritage Gardens, OCBC Skyway (berbayar), Sun Pavilion, Supertree Grove, dan World of Plants.

Untuk menuju ke Gardens by The Bay gunakan saja MRT dan turun di CE1/DT16 Bayfront MRT Station lalu keluar ke Exit B dan susuri sepanjang jalan penghubung bawah tanah. Keluar dan lintasi Dragonfly Bridge dan sampailah di Gardens by The Bay. Jam buka tempat ini (outdoor gardens) dimulai pukul 05.00 am sehingga sangat cocok dijadikan tempat pertama yang Anda kunjungi jika Anda sampai di Singapore terlalu awal. 


No comments: